Alasan kenapa Banyak Orang Vietnam yang Menggunakan Nama Nguyen

1042

Kalo di Indonesia banyak orang yang bernama Andi, Budi, Agus. Di Turki Hakan dan Emre sebagai nama belakang dan Islandia memiliki akhiran -son sebagai salah satu budaya sekaligus peninggalan yang masih dijaga keberadaannya sampai sekarang.

Vietnam juga mempunya peninggalan budaya berupa nama yang sering digunakan yaitu nama Nguyen. Saat menonton bola atau saat menggunakan Medsos pasti pernah menemukan nama Nguyen itu adalah nama yang sering digunakan orang Vietnam sebagai nama depan atau belakang.

Nama “Nguyen” ini dipercaya berasal dari bahasa Mandarin “Ruan”, Nama Nguyen berkaitan erat dengan sejarah kekaisaran di Vietnam dahulu kala. Ketika itu banyak orang yang mengganti nama Nguyen sebagai nama belakang agar mereka terhindar dari bayar pajak, serta terhindar dari hukuman pengadilan ketika mereka membuat kejahatan.

Ini terjadi karena kebijakan Nguyen Lords yang memberikan Hak-Hak spesial dan kerap menyematkan nama Nguyen pada orang-orang tertentu sebagai gelar kehormatan.
Sejak saat itu banyak orang yang menggunakan nama Nguyen sampai sekarang. Total sampai sekarang sekitar 40% dari keseluruhan masyarakat Vietnam (sekitar 38 juta dari 94 rakyat di vietnam) Menggunakan nama belakang Nguyen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here