Jangan Lakukan Hal ini Lagi! Dampaknya Sangat Berbahaya

529
Minum Air Putih Memang Penting Bagi Tubuh, Tapi Perhatikan Posisi Minum Kita (google image)

Minum air putih memang penting bagi kesehatan ya BogorNetizen, karena air merupakan salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi sehari – hari untuk membuat tubuh kita tetap dalam kondisi yang sehat.

Tapi, tahukah kalian bahwa minum sambil berdiri bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh? Ya, minum dengan posisi berdiri memang membahayakan. Langsung aja yuk disimak bahaya – bahaya yang ditimbulkan bila kita minum sambil berdiri.

1. Berisiko Terkena Artritis
Artritis adalah peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Minum air sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga akibatnya bisa terjadi penumpukan cairan di sendi – sendi tubuh dan menyebabkan artritis.

2. Mengganggu Sistem Pencernaan
Ketika kita minum sambil berdiri, maka air yang mengalir melewati usus akan menciprat ke dinding perut. Nah cipratan ini bisa mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan dalam jangka panjang karena merusak dinding perut dan saluran pencernaan.

3. Ginjal Tak Bisa Menyaring Air dengan Baik
Minum air sambil berdiri membuat proses penyaringan yang dilakukan ginjal menjadi tidak optimal. Bahkan kotoran bisa menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang bisa menyebabkan gangguan saluran kemih. Bila hal ini dilakukan dalam jangka panjang, maka bisa menyebabkan kerusakan permanen di ginjal.

4.  Tak Bisa Mengencerkan Kadar Asam di Dalam Tubuh
Air memang sebaiknya diminum sedikit dan perlahan – lahan sambil duduk. Dengan begitu, air bisa membantu mengencerkan kadar asam di dalam tubuh yang disesuaikan dengan proporsi air yang dibutuhkan tubuh. Jadi kalau kita minum air sambil berdiri, proses pengenceran kadar asam ini bisa terganggu.

5. Saraf – Saraf Menegang Saat Minum Sambil Berdiri|
Disadari atau tidak, saraf tubuh bisa menegang saat kita minum dalam keadaan berdiri. Sebaliknya, jika kita minum sambil duduk maka sistem parasimpatetik akan terkondisikan lebih rileks sehingga saraf tak akan tegang kemudian proses penyerapan air minum dan pencernaan pun bisa berjalan dengan lebih baik.

6. Naiknya Asam Lambung
Jika kita sering minum pada posisi berdiri, bagian tubuh yang paling terkena dampaknya adalah bagian lambung. (Gastroesophageal Reflux Disease) GERD atau bisa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (sphincter) yang menuju ke lambung.

Hal ini mengakibatkan tercampurnya asam dalam lambung naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas pada bagian perut. Selain itu minum sambil berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam pencernaan sehingga ketika terjadi kerusakan.

Kalau diliat dari tadi diatas memang ngeri juga ya dampaknya BogorNetizen, Jadi masihkah kalian mau minum sambil berdiri?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here