Sering Mengalami Cegukan? Ini dia Penyebab dan Cara Menghilangkannya …

531

Cegukan adalah hal yang sering kita alami dan biasanya cegukan bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan menyusahkan. Bunyi yang dikeluarkan akibatkan cegukan biasanya membuat orang disekitar kita bahkan kita sendiri merasa terganggu. Cegukan pada umumnya terjadi tidak hanya satu kali melainkan berkali – kali. Cegukan sendiri menurut pandangan medis disebut dengan Singultus, dimana kondisi diafragma mengalami kejang tidak sesuai dengan kemauannya dan biasanya terjadi saat kadar karbondioksida didalam darah mengalami pemerosotan dan berada pada level terendah. Dan berikut ini adalah hal – hal yang bisa menyebabkan cegukan :

1. Makanan Pedas


makanan yang pedas misalnya saja cabai, lada dan juga makanan kari bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.

2. Alkohol


Alkohol yang diminum terlalu banyak bisa membuat iritasi pada syaraf dan syaraf itu berhubungan langsung dengan diafragma sehingga syaraf yang terkena iritasi akan membuat timbulnya kejang didalam otot diafragma dan akhirnya bisa menyebabkan cegukan.

3. Makan Dengan Tergesa – Gesa


Makan dengan tergesa – gesa membuat pasokan karbondioksida didalam tubuh menurun secara drastis dan bisa menyebabkan cegukan. Hal itu bisa diperparah apabila orang itu makan dengan cepat sambil berbicara, cegukan bisa menyerang mereka alasannya adalah oksigen mendadak masuk kedalam paru -paru hingga berpengaruh pada diafragma.

4. Kurangnya Cairan


Orang yang dehidrasi bisa membuat cegukan dikarenakan kurangnya asupan cairan yang masuk kedalam tubuh bisa menyebabkan makanan yang masuk kedalam perut tidak semuanya terdorong masuk didalam perut.

Cara Mengatasinya :

1. Segelas Air


Segelas air bisa secara perlahan mengembalikan dan menormalkan diafragma agar tidak kejang kembali.

2. Menahan Nafas


Salah satu cara menghilangkan cegukan adalah dengan menahan nafas baik melalui hidung maupun melalui mulut.

3. Menekan Hidung


Menghilangkan cegukan dengan cara efektif bisa dilakukan dengan cara ini, caranya dengan menekan hidung dengan kedua tangan setelah itu kelola pernafasan dengan mengambil nafas melalui mulut dan tutup mulut rapat – rapat (pastikan tidak ada yang masuk atau keluar) lakukan selama beberapa detik berulang – ulang sampai cegukan berhenti dengan sendirinya.

Gimanaaa BogorNetizen? Sudah tau kan penyebab dan cara mengatasi cegukan sekarang? jadi sekarang anda sudah bisa mengantisipasi cegukan dan sudah tidak akan takut merasa terganggu bila si cegukan ini terjadi pada anda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here