Ketika Kita Menangis Tidak Hanya Mata yang Mengeluarkan Air, Terkadang Hidung Juga. Kenapa Bisa Begitu Ya?

468
Menangis Merupakan Sebuah Refleks Alami (google image)

BogorNetizen pasti pernah kan ngelakuin hal yang namanya nangis, nah hal ini merupakan refleks alami yang ditimbulkan ketika kita merasakan sedih atau sakit yang tak terbendungkan.

Tapi pernahkah kalian amati bahwa ketika ketika kita menangis bukan hanya mata kita saja yang mengeluarkan air, melainkan hidung kita juga ikut mengeluarkannya. Mengapa bisa terjadi seperti itu ya? BogorNetizen ada yang tahu ga gimana hal itu bisa terjadi? Kalau belum nih kita kasih tau kenapa itu bisa terjadi.

Ternyata jawabannya adalah karena mata dan rongga hidung mempunyai saluran yang terhubung. Nah saluran itulah yang menghubungkan rongga hidung dengan mata bagian medial (ujung mata bagian sebelah dalam) yang berfungsi untuk menyalurkan air mata setiap kali kita berkedip. Setiap kita berkedip kelenjar air mata menghasilkan air mata untuk membasahi kornea mata agar tidak kering.

Pada saat kita menangis produksi air mata sangat banyak sehingga ada sebagian air mata yang masuk ke rongga hidung kemudian air tersebut keluar lewat hidung, dan sebagian lagi air mata mengalir turun ke pipi. Rongga hidung juga cukup peka saat ada benda asing masuk maka akan mengeluarkan lendir, jadi saat air mata mata masuk ke rongga hidung maka lendir atau cairan di rongga hidung akan semakin banyak.

Sama halnya dengan saat kita mengalami flu, ujung ductus lacrimalis yang ada didalam rongga hidung tersumbat sehingga air mata tidak dapat mengalir turun ke rongga hidung, jadi air yang berasal dari mata mengalir keluar dan kemudian turun ke pipi sehingga kita seperti menangis.

BogorNetizen sudah paham kan bagaimana dan kenapa bisa hal yang tadi terjadi? Makanya pantau terus artikel – artikel disini biar jadi BogorNetizen yang cerdas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here