Ini lho Makanan Khas Bogor Yang Mendunia

1
145

Bogor – Kota Hujan tidak hanya terkenal akan sejarah dan tempat wisata alamnya, tetapi juga makanan khas Bogor yang sudah terkenal sampai ke seluruh Indonesia. Dari manisan salak, talas, tauge goreng hingga berbagai macam asinan. Asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak, perbedaan utamanya antara lain bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar. Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Bogor. Berbeda dengan kuliner di daerah lainnya di Indonesia yang biasanya hanya menyajikan asinan buah saja. Di Bogor, sayur pun dapat dibuat menjadi asinan.

Biasanya asinan buah dan sayur yang dijual telah dikemas dalam plastik-plastik yang menggugah selera kita. “Asinan yang ada disini unik, kalau biasanya di Bandung cuma ada asinan buah saja, tapi disini asinan sayur pun ada, dan rasanya juga enak”, kata Resa, salah satu langganan asinan sayur Gedung Dalam asal Bandung.

Selain itu bila kita berjalan sepanjang jalan Surya Kencana maka di penghujung jalan tersebut ada jalan Gedung Dalam yang terkenal dengan beberapa restoran Tionghoa yang menjual berbagai makanan terkenal. Tempat tersebut sudah banyak dikunjungi oleh para selebriti, wisatawan domestik dan asing sampai pejabat tinggi.

Terkenal dengan sebutan Asinan Gedung Dalam dan di sebelahnya ada Roti Unyil yang merupakan miniature dari berbagai macam roti manis yang berisi keju, sosis, cokelat dan lain-lain yang sangat lezat. Padahal di Asinan Gedung Dalam juga dijual makanan lainnya seperti Mi Bakso dan Siomay yang juga enak.“Padahal sebenarnya yang terkenal sudah lebih dulu adalah Asinan Bogor yang berada di jalan Surya Kencana.

Dan di sepanjang jalan tersebut kita juga banyak menemui pedagang kaki lima Taoge Goreng dan Soto Bogor yang telah puluhan tahun terkenal dan berjualan di situ, namun pengunjung lebih tertarik kesini, karena tempat lebih nyaman dan lebih banyak pilihan dalam satu tempat”, kata pemilik asinan Gedung Dalam Bogor(8/12).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY