Rekomendasi Kuliner Bogor yang Harus di Icipi

901
Laksa Bogor Dengan Tambahan Telur Rebus (google image)

Buat kalian nih yang dari luar Bogor, kalau lagi mampir ke kota hujan ini direkomendasiin banget deh buat nyobain makanan – makanan dibawah ini. Karena kalau belum nyobain kuliner khas Bogor, rasanya bisa dibilang belum afdol deh ya hehehe. dan berikut ini ada beberapa makanan yang kita saranin buat dicoba nih, yuk langsung aja dicek :

1.  Soto Bogor

Tampak Depan Spanduk Jualan Soto Bogor Pak Salam (google image)

Buat kota yang sering banget diguyur hujan, Bogor punya nih salah satu soto andalannya. Soto Bogor Pak Salam namanya, yang menjadi ciri khas dari soto ini yaitu kuahnya yang berwarna kuning karena menggunakan bahan dasar kunyit dan rempah – rempah lain yang pastinya cocok banget disantap di kota hujan ini.

Tapi kalian harus rela antri berdesakan untuk mendapatkan bagian disini, karena soto yang satu ini tidak hanya diburu orang dari Bogor saja lho banyak juga yang datang dari luar kota untuk mencicipi soto yang satu ini. Letaknya ada disebelah kiri jalan didekat bangunan ruko BNI.

2. Laksa

Laksa Cijeruk (google image)

Masih makanan berkuah kuning tapi dengan isian yang berbeda, laksa namanya. Laksa yang kita rekomendasiin ini Laksa Cijeruk, memang letaknya agak jauh dari kota Bogor. Jika kita dari arah sukasari, kita harus memutar ke arah lawang gintung kemudian turun ke arah stasiun batu tulis dan ketika sudah bertemu pertigaan belok kanan ke arah cihideung/cijeruk tidak lama dari situ sekitar 15 menit letaknya disebelah kanan atas jalan.

Proses pembuatannya yang masih tradisional membuat resep turun temurun dari orang terdahulunya menjadikan cita rasa laksa yang khas. yang membedakannya dengan laksa lain, laksa disini ditambah dengan serundeng atau kelapa sangrai yang telah dibumbui sehingga menambah cita rasa gurih pada laksa.

3. Toge Goreng

Toge Goreng Mang Gebro (google image)

Makanan bernama toge goreng ini merupakan sajian khas kota Bogor yang juga banyak diburu oleh para penikmat kuliner. Ada sebuah tempat yang cocok untuk merasakan toge goreng yang khas ini yaitu di warung Toge Goreng Mang Gebro.

Toge Goreng Mang Gebo ini sudah berdiri sejak tahun 1967 dimana citarasanya tetap terjaga hingga sekarang. Beralamat di Jalan Pengadilan, Pasar Anyar, Kota Bogor, tempat makan ini buka dari jam 10.00 – 17.00.

4. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar dengan Tambahan Kerupuk Mie (google image)

Asinan jagung bakar adalah asinan yang isinya jagung manis bakar ditambah dengan potongan timun dan kuah cuka yang rasanya bikin kamu merem melek deh. Pada umumnya asinan terbuat dari campuran sayur – sayuran dan buah-buahan seperti pepaya muda, sawi, kol, tauge, kedondong, dan sebagainya.

Namun asinan ini memiliki perpaduan rasa yang ga kalah asik ko, dari rasa manis dari jagung, kuah cuka yang pedas asam bisa dinetralisir dengan potongan timun yang segar ditambah dengan kerupuk mie dengan tekstur “kriuk – kriuk” yang terbuat dari tepung beras.

Buat kalian BogorNetizen yang mau nyobain gimana sih rasanya asinan jagung bakar itu, kalian bisa langsung beli ditempat rekomendasi dari kita nih di sebelum perempatan Jl. Suryakencana dan Gg. Aut.

5. Martabak

Martabak Manis Air Mancur (google image)

Orang Bogor pasti udah ga asing lagi sama yang namanya martabak air mancur ya, toko yang sudah buka lebih dari 20 tahun ini menyediakan dua macam martabak dari manis sampai dengan telur. Toppingnya pun tidak ketinggalan disini menyediakan banyak sekali pilihan rasa.

Dengan bertempat didekat bundaran air mancur sesuai namanya, martabak air mancur menyediakan tempat bagi mereka yang ingin langsung menyantap martabaknya. Seperti biasa, kalian harus rela sabar mengantri untuk mendapatkan martabak disini hehehe.

6. Talas Kukus

Seupan Taleus Wangi dengan Taburan Gula Merah (google image)

Rasanya belum pas ya kalau ke Bogor tapi belum makan makanan yang berbahan dasar talas ini. Talas kukus yang bisa kalian temukan di Jl. Suryakencana ini adanya disebelah kanan jalan yang biasanya wanginya tercium sampai kejalan.

Seupan taleus atau talas kukus bila di artikan dari bahasa sunda itu merupakan antara talas yang dikukus kemudian diberi sedikit garam untuk menghilangkan getahnya kemudian ditambah dengan kelapa parut dan ditambah dengan parutan gula merah yang akan melting karena talas yang masih hangat.

Nah itu dia tadi makanan – makanan yang kiranya harus kalian icipi kalau mampir ke Bogor biar pas rasanya kalau berkunjung ke kota hujan ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here