Dampak Buruk Dari Menahan Buang Air Kecil, Jangan di Sepelekan!

249
Menahan Buang Air Kecil (google image)

BogorNetizen pasti pernah kan pengen buang air kecil tapi sedang dalam perjalanan atau sedang di tempat yang tidak ada toiletnya, sehingga memaksa kita untuk menahannya? Jangan anggap sepele hal ini ya BogorNetizen, karena bila kita terlalu sering melakukannya bisa memiliki dampak yang buruk lho bagi kesehatan.

Proses buang air kecil ini menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh bekerja dengan baik dan normal. Semua kotoran dan sisa – sisa pencernaan yang sudah selesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh akan keluar melalui urin. dan berikut adalah beberapa dampak apabila kita terlalu sering menahan buang air kecil :

1. Menahan Buang Air Kecil Berarti Menahan Pembuangan Kotoran Dalam Tubuh

Apabila kalian menahan untuk membuang air kecil, artinya kalian menunda dan menumpuk kotoran – kotoran sisa pencernaan di dalam tubuh kalian. Berarti tubuh kalian harus menyimpan kotoran lebih lama, karena kotoran tersebut mengandung banyak zat – zat yang berbahaya bagi tubuh yang mana akan menimbulkan infeksi apabila terlalu lama disimpan atau ditahan di dalam tubuh.

2. Dapat Mengganggu Proses Pencernaan

Dengan menahan buang air kecil, maka secara langsung kalian akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam diri kalian. Ketika proses pencernaan harusnya sudah selesai namun tidak dituntaskan, maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya. Proses pencernaan berikutnya bisa mengalami proses yang kurang maksimal dan tertunda karena kalian belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.

3. Akan Menimbulkan Penyakit – penyakit dan Infeksi Pada Organ Pencernaan

Dengan menahan buang air kecil, maka anda akan ‘memperlancar’ tubuh anda untuk mengalami penyakit – penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan seperti infeksi pada ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kencing.

4. Anyang – anyangan

Anyang – anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang – anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda – tanda dari munculnya infeksi saluran kantung kemih.

Banyak banget bukan BogorNetizen dampak dari menahan buang air kecil ini? Jadi kalau sudah tau banyak banget dampak negatifnya, mulai dari sekarang jangan pernah lagi deh ya nahan – nahan buang air kecil tapi inget jangan buang air kecil sembarangan juga ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here