Dokter: Waspadai Penyakit ISPA Di Musim Hujan

429

Mayoritas pasien mengeluhkan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada musim hujan ini, kata Petugas unit pelaksana teknis (UPT) Puskesmas Pondok Benda, Tangerang Selatan, Banten, Dr. Dedi Herlianto.

“Penyakit yang banyak timbul ketika musim hujan adalah ISPA dan demam berdarah (DBD),” kata Dedi yang ditemui Antara di Tangerang Selatan, Kamis.

Menurut Dedi, penyakit tersebut dapat muncul tergantung dari daya tahan tubuh masyarakat sendiri.

“Penyakit ISPA dan DBD dapat terjadi tergantung dari daya tahan tubuh dan pola hidup masyarakatnya, penyakit ISPA biasanya timbul secara tiba-tiba apalagi saat musim hujan seperti ini, sedangkan DBD tergantung dari trombosit si pasien,” ujarnya.

Dedi juga menyampaikan tindakan pertama yang dilakukan dokter kepada pasien yang sudah terkena penyakit ISPA dan DBD adalah menganalisis terlebih dahulu penyakit pasien.

“Kami analisis dulu, kalau ISPA biasanya diikuti demam, demamnya sudah lama atau belum. Kalau lebih dari tiga sampai empat hari kami akan lakukan pemeriksaan penunjang secara rutin. Sedangkan, kalau DBD kami akan perhatikan trombositnya,” ujarnya.

Dedi menyarankan masyarakat agar menjaga daya tahan tubuh melalui pola makan yang sehat dan pola hidup yang bersih supaya tidak terkena penyakit tersebut.

“Biasanya istirahat yang cukup, pola makan diperhatikan, perilaku hidup bersih dan sehat, konsumsi suplemen jika aktivitas padat serta terapkan gerakan 3M (menguras, mengubur, menutup) pada air, sampah dan sebagainya,” katanya.

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Pondok Benda, Rita menyatakan setiap harinya mayoritas pasien yang datang mengeluhkan penyakit ISPA.

“Setiap harinya, hampir sekitar 75 persen pasien mengeluhkan penyakit ISPA,” ujar Rita.

Rita juga menambahkan jika pasien yang terkena penyakit ISPA rata-rata adalah anak-anak.

“Penderita ISPA di puskesmas ini rata-rata anak-anak yang berumur sekitar 5-12 tahun,” tambahnya.

ISPA adalah penyakit saluran pernapasan akut yang mengakibatkan seseorang mengalami batuk, bersin-bersin, dan demam. ISPA juga merupakan penyakit yang mudah menular kepada orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Banyak dampak buruk yang diakibatkan oleh musim penghujan di bulan Februari 2017 ini terhadap masyarakat, diantaranya adalah banjir, kemacetan, dan terutama pada kesehatan masyarakat. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here