KAKORLANTAS: Bus Dibolehkan Lintasi Jembatan Cisomang

456

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa menyatakan Jembatan Cisomang di Tol Purbaleunyi yang menghubungkan Purwakarta dan Bandung mulai Kamis diperbolehkan untuk dilalui oleh kendaraan bus.

“Mulai detik ini, Polda Jabar, Jasa Marga, Bina Marga, Dishub resmi mempersilakan kendaraan bus untuk melewati Jembatan Cisomang,” katanya saat memantau kondisi Jembatan Cisomang, Jawa Barat, Kamis.

Menurut dia, hasil rapat sejumlah pemangku kepentingan menyimpulkan bahwa jembatan sudah siap untuk dilintasi kendaraan bermuatan di bawah 15 ton, sehingga bus penumpang sudah bisa melewati jembatan tersebut.

Ia pun menjamin keselamatan pengguna jalan karena Dinas Pekerjaan Umum telah menyediakan alat “robotic global station” (RGS) untuk memantau pergerakan jembatan.

“Kami turut berempati melihat kondisi penumpukan jalur arteri, Jakarta – Bandung bisa enam hingga tujuh jam perjalanan. Akhirnya sekarang jembatan layak dilintasi bus. Tidak perlu khawatir (keselamatan), ada robotic yang mengawasi, bila terjadi kondisi darurat, maka akan distop,” ujarnya.

Hal itu diiyakan oleh Ketua Tim Jasa Marga, Silverster Aryan Widodo. Aryan mengatakan RGS akan senantiasa memonitor pergerakan semua pilar jembatan.

“RGS memonitor semua pilar jembatan. Dari P0 hingga P5, pergerakan beberapa mili pun kami tahu,” kata Aryan.

Ia mengatakan pekerjaan konstruksi Jembatan Cisomang diperkirakan rampung pada akhir Maret 2017. Ia menambahkan pada April 2017, semua jenis kendaraan ditargetkan bisa melintasi Jembatan Cisomang.

“Semua pekerjaan fisik diperkirakan selesai akhir Maret. Bulan April semua kendaraan bisa lewat. Kami berupaya bekerja secepatnya,” katanya. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here