Pertamina Siapkan Motor Pemasok BBM Saat Macet

234
PT Pertamina (Persero) menyiapkan 19 sepeda motor untuk mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) dalam kemasan saat lalu lintas jalur arus mudik dan balik Lebaran mengalami kemacetan. (google images)

PT Pertamina (Persero) menyiapkan 19 sepeda motor untuk mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) dalam kemasan saat lalu lintas jalur arus mudik dan balik Lebaran mengalami kemacetan.

Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) Jumali mengatakan Pertamina telah menyediakan stok BBM yang aman untuk mencukupi kebutuhan pemudik selama perjalanan, namun kemacetan menuju stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) menjadi kendala BBM dapat tersalurkan ke kendaraan.

“Kami siapkan satu model motor dengan membawa BBM kemasan karena motor lebih fleksibel dalam menembus kemacetan. Kami siapkan sementara 19 motor yang tersebar di sekitar Cirebon dan Jawa Tengah karena puncak pemudik ada di Jawa Tengah,” kata Jumali pada konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/5) malam.

Ada pun satu motor dapat membawa 30 liter BBM jenis Pertamax dan Pertamax Turbo dengan harga jual yang sama seperti di SPBU.

Motor pemasok BBM ini hanya dioperasikan jika kondisi lalu lintas di jalur mudik macet total dan banyak mobil yang kehabisan bahan bakar. Pertamina pun saat ini tengah mengupayakan agar motor pemasok BBM dapat masuk ke jalan tol satu arah dan lawan arah.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan Pertamina juga menyiapkan mobil tangki dengan kapasitas 8 kiloliter BBM yang ditempatkan sesuai kondisi lalu lintas.

“Mobil tangki di seluruh Jawa ada 831 unit dengan jumlah 18.456 kiloliter BBM. Mobil tangki tersebut nanti akan ditempatkan di SPBU yang potensi peningkatan kebutuhan BBM-nya sangat tinggi,” kata Adiatma.

Selain menyiapkan mobil tangki BBM dan sepeda motor, Pertamina juga menyediakan Kios Pertamax di 36 titik jalur mudik dan Serambi Pertamax di 10 lokasi tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ada pun Serambi Pertamax merupakan fasilitas yang menawarkan kenyamanan untuk pemudik di beberapa SPBU Pertamina yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas terdiri dari area ibadah, area istirahat, area bermain anak, toilet, ruang menyusui, area makan, charging area, serta akses internet gratis.

Pertamina menetapkan puncak arus mudik dengan kebutuhan BBM akan meningkat signifikan pada 23-24 Juni 2017. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here