Bogor Berpotensi Hujan Diseritai Petir dan Angin

654
Hujan Disertai Petir (google image)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Dramaga, Kota Bogor, Jawa Barat menginformasikan adanya peringatan dini cuaca berpotensi terjadi hujan disertai kilat dan angin kencang di wilayah Bogor dan sekitarnya, Rabu (29/3).

“Potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat terjadi di wilayah Bogor antara siang dan sore hari,” kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Dramaga, Budi Suhardi.

Secara umum prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek khususnya Bogor, pagi hari umumnya cerah berawan. Antara siang dan sore hari berpotensi terjadi hujan sedang. Begitu pula malam harinya, masih terjadi hujan ringan.

Untuk suhu udara berkisar antara 23 sampai 35 derajat celcius, dengan kelembaban udara mencapai 65 hingga 95 persen, dan angin bertiup adalah angin Barat Daya atau Barat dengan kecepatan 05 sampai 30 kilometer per jam.

Selain di wilayah Bogor, prakiraan cuaca tersebut juga berpotensi terjadi di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Depok, Tanggerang, dan Bekasi. Untuk Kepulauan Seribu diprediksi terjadi hujan ringan pada dini hari.

Sehari sebelumnya, Selasa (28/3), wilayah Bogor khususnya Dramaga mengalami hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang menyebabkan kerusakan di Kantor BMKG Stasiun Klimatologi Dramaga.

Angin dengan kecepatan 48 knot atau berkisar antara 90 sampai 100 km per jam menerjang atap bangunan gedung BMKG Stasiun Klimatologi Dramaga hingga mengalami kerusakan di ruang staf bagian data dan informasi serta ruang kepala stasiun.

Kerusakan terjadi pada bagian plafon dikarenakan atapnya terangkat setelah ditiup angin kencang. Kondisi angin bertiup sangat ekstrem dari biasanya. Sementara atap bangunan kantor Stasiun Klimatologi Dramaga yang sudah ditempati sejak 2010 dalam kondisi baik, menggunakan genteng keramik.
(Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here