Kebun Raya Bogor Tetap Buka Saat Kunjungan Obama

321

Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, tetap buka untuk umum pada Jumat esok (30/6), saat kunjungan Presiden Ke-44 Amerika Serikat Barack Obama ke lokasi itu.

“Dengan mempertimbangkan ini libur lebaran, kami sudah berkoordinasi dengan Pengamanan Presiden agar Kebun Raya Bogor tetap beroperasi besok,” kata Petugas Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor, Upun Punijar di Bogor, Kamis.

Obama beserta keluarga dijadwalkan berkunjung ke Istana Bogor dalam rangka memenuhi undangan Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi akan menggelar jamuan makan siang untuk Obama dan keluarga di Green Garden Cafe di dalam Kebun Raya Bogor.

Menurut Upun, walau tetap beroperasi ada pembatasan yang diberlakukan bagi pengunjung. Selain itu, akan ada sterilisasi di beberapa titik yang akan dilalui rombangan Presiden Joko Widodo dan Barack Obama.

Beberapa pembatasan yang dilakukan di antaranya, pintu masuk yang dibuka hanya dua. Tidak seperti hari-hari sebelumnya, semua pintu masuk Kebun Raya Bogor terbuka untuk pengunjung.

“Untuk pintu masuk pengunjung yang diizinkan hanya dua titik yakni pintu satu dan pintu tiga, sedangkan pintu dua dan empat ditutup,” katanya.

Khusus untuk pintu konservasi tetap dibuka untuk pengunjung memarkirkan kendaraan roda dua. Sedangkan pintu tiga yang biasa digunakan pengunjung yang membawa mobil, hanya boleh digunakan tanpa kendaraan.

“Untuk besok, kendaraan roda empat tidak boleh parkir di dalam kebun raya. Jadi, pengunjung silahkan mencari alternatif parkir sendiri, bisa di BCA, atau di kantor kehutanan dan di mal,” kata Upun.

Upun menambahkan ada kemungkinan Kebun Raya Bogor akan ditutup lebih awal sesuai dengan jadwal kedatangan Barack Obama ke Istana Bogor.

“Untuk penutupan ini kami masih menunggu instruksi dari petugas keamanan kepresidenan,” kata Upun.

Selama libur Idul Fitri 1438 Hijriah, jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor mengalami peningkatan. Hari pertama, Minggu (25/6) tercatat 4.337 pengunjung domestik, dan 33 wisatawan asing. Hari kedua, Senin (26/6) jumlah pengunjung meningkat menjadi 11.186 pengunjung domestik, dan 48 wisatwan asing.

Hari ketiga, Selasa (27/6) jumlah pengunjung domestik sebanyak 21.043 orang dan 41 wisatawan asing. Rabu (28/6) terjadi peningkatan jumlah pengunjung mencapai 23.985 wisatwan domestik dan 42 wisatawan asing. Pada Kamis (29/6), jumlah pengunjung domestik sebanyak 20.277 orang dan 27 untuk wisatawan asing. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here