MUI Bogor Rancang Program Penguatan Ekonomi Umat

355
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, Jawa Barat melaksanakan Musyawarah Daerah ke-IX, dengan agendanya menyusun program kegiatan sekaligus memilih ketua baru. (google images)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, Jawa Barat melaksanakan Musyawarah Daerah ke-IX, dengan agendanya menyusun program kegiatan sekaligus memilih ketua baru.

“Salah satu program yang sedang kita susun adalah peran MUI dalam memperkuat ekonomi umat, melalui pengembangan UMKM,” kata KH Muhammad Zaenal Syukri selaku Ketua I MUI bidang Masalah Dakwah dan Ukhuah di Islamiah, di Bogor, Rabu.

Syukri mengatakan, MUI sesuai kemampuan dan kapasitasnya ingin menggerak ekonomi umat, melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM)

“Sebab MUI menyadari tantangan yang sama dengan pemerintah, yakni mengentaskan kemiskinan dan kebodohan. Kita ingin persoalan ini diperkecil supaya Indonesia bisa setara dengan bangsa lain,” katanya.

Selain sektor ekonomi, MUI juga memprioritaskan program dakwah sebagai tujuan utama program lembaga keagamaan tersebut.

Program yang disusun tentang dakwah Islamiah, yakni yang menyejukkan hati, menyadarkan umat untuk cinta kepada agama dan cinta kepada Tanah Airnya.

“Dalam program ini tujuanya memperkuat ukhuwah (persaduaran) Ukhuwah Islamiah, ukhuwa watoniah (sesama bangsa) ukuwa basoriah (persaudaran sesama umat manusia seluru), dan bidang ekonomi,” katanya.

Terkait upaya untuk meredam gejolak perpecahan di masyarakat usai Pemilu DKI Jakarta dan vonis hukuman Ahok. MUI Kota Bogor mengambil peran melalui dakwah.

“Kita melaksanakan dakwah yang menyejukkan hati, jangan sampai ada gerakan radikalisme. Sebab Islam tidak mengajarkan radikalisme,” katanya.

MUI akan melakukan pemberian pemahaman secara internal kepada para ustad, serta penjelasan kepada di luar MUI tentang dakwah yang menyejukkan hati.

“Kita akan sampaikan, bahwa kalau kita berjauhan dari keharmonisan dan kedamaian, maka keberkahan Allah juga akan jauh,” kata Syukri. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here