PEMKOT Bogor Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid

201
Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman (google images)

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid dengan menggalakkan gerakan Shalat Subuh Berjamaah, karena banyak kebaikan yang terkandung dalam kegiatan tersebut.

“Begitu banyak manfaat dengan kita shalat berjamaah, terutama waktu Subuh, selain itu juga dianjurkan oleh para Rasulullah dan ulama,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman, Senin.

Usmar menyebutkan, Pemerintah Kota Bogor telah memulai Gerakan Subuh Berjamaah bersama masyarakat sejak Januari 2017 lalu. Tetapi secara pemerintahan shalat subuh berjamaah telah diawali oleh para pegawai di lingkungan pemerintah kota.

Gerakan subuh berjamaah dilingkungan pegawai Pemkot Bogor dimulai sejak era kepemimpinan Wali Kota Diani Budiarto. Hingga era pimpinan Bima Arya dan Usmar masih berlanjut. Shalat subuh berjamaah dilaksanakan setiap hari Selasa.

“Di era pimpinan Pak Diani, Shalat Subuh berjamaah dilingkungan Pemkot dilaksanakan setiap hari Selasa, setelah itu dilanjut dengan rapat ‘briefing staf’, sampai saat ini masih terus
dijalankan,” kata Usmar.

Menurut Usmar, sejak digalakkannya Shalat Subuh Berjamaah di lingkungan masyarakat mendapat respon yang positif, karena pemerintah saat ini terus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk bersama-sama meramaikan shalat berjamaah di masjid.

“Ada rasa kebersamaan dan saling mengetahui situasi kondisi masing-masing jamaah setiap hari, sehingga bisa saling mengingatkan dan mendoakan dan saling membantu, intinya melatih kepedulian,” kata Usmar.

Usmar menambahkan, shalat merupakan media untuk mencapai kesalehan spiritual individial hubungannya dengan Allah. Shalat juga menjadi sarana untuk menjaga keseimbangan tatanan masyarakat yang egaliter, beradab dan penuh kedamaian.

“Makanya tidak berlebihan apabila Alexis Carrel menyatakan ‘apabila pengabdian shalat dan do’a yang tulus kepada Sang Maha Pencipta disingkarkan dari tengah kehidupan masyarakat, hal itu berarti kita telah menandatangani kontrak bagi kehancuran masyarakat tesebut,” kata Usmar mengutip perkataan Alexis Carrel.

Pada peringatan Hari Isra’ Mi’raj 1438 Hijriah, Usmar menghadiri Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Al Hikmah, Kampung Babakan, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah. Sembari diisi ceramah peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.  (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here