Polisi Imbau Pengendara Hindari Jalur Puncak

493

Bogor, 16/2 – Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Kabupaten, Jawa Barat, mengimbau pengendara untuk menghindari jalur Puncak, dengan menggunakan jalur alternatif karena adanya longsor, Rabu.

Kasubag Humas Polres Bogor Kabupaten, AKP Ita Puspita Lena mengatakan, longsor tebingan menutup setengah badan jalan di jalur Puncak sehingga petugas memberlakukan satu arah dari dan menuju Puncak.

“Situasi saat ini masih dalam penanganan evakuasi material longsor yang menutup badan jalan oleh petugas Satlantas, dibantu warga,” kata Ita.

Menurut Ita, penanganan material longsor terpaksa dilakukan secara manual karena eskavator yang diminta tidak dapat naik ke Puncak karena terhambat arus lalu lintas yang padat. “Kami sudah meminta eskavator untuk mengevakuasi material longsor, tetapi karena macet belum bisa naik ke Puncak,” katanya.

Ia mengatakan, lokasi longsor tebing kali ini terjadi di KampungĀ Pensiunan, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada pukul 17.00 WIB. Longsor berasal dari tebing sepanjang 10 meter dan lebar enam meter, menutup satu jalur Puncak arah Jakarta.

Menurut Ita, pengendara yang hendak ke Puncak diimbau menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kepadatan arus yang terjadi akibat kejadian longsor. Jalur alternatif yang dapat dilalui melalui Ciawi, Megamendung dan Sukaraja.

Peristiwa longsor di jalur Puncak terjadi yang kedua kalinya. Hari minggu kemarin, longsor juga menutup seperempat jalan utama di jalan Raya Puncak. Longsor disebabkan oleh hujan yang turun sepanjang hari, menyebabkan tanah tidak mampu menahan air hujan.

Secara geografis Kecamatan Cisrua merupakan daerah perbukitan dengan kontur tanah yang labil sehingga dengan turunnya hujan secara terus menerus berdampak pada tidak kuatnya tanah untuk menampung volume air hujan. Kondisi tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya longsor tanah. (Antara)

sumber gambar :www.google.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here