POLRESTA Bogor Aktifkan Kembali Sistem Keamanan Lingkungan

479

Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan atau Siskamling di sejumlah wilayah dalam rangka meningkatkan pengawasan keamanan di masyarakat.

“Siskamling adalah metode yang berkesinambungan yang sangat tepat untuk menciptakan keamanan di lingkungan,” kata Kapolrestas Bogor Kombes Pol Suyudi Ario Seto, di Bogor, Minggu.

Suyudi mengatakan, setiap Sabtu malam pihaknya melakukan apel para Kapos Kambling di setiap kecamatan yang diikuti para Kapos Kamling kelurahan. Sabtu (18/2) lalu dilaksanakan di Kecamatan Bogor Barat. Akhir pekan ini apel juga digelar di Kecamatan Tanah Sareal.

Siskamling dibentuk selain untuk meningkatkan keamanan lingkungan, juga memupuk rasa kekeluargaan dan gotong ryong yang tinggi. Karena melalui Siskamling, sebagai bentuk kesadaran masyarakat dalam menciptakan keamanan lingkungannya.

“Sebagai pembina Kaposkamling, mengapresiasi anggota Linmas yang bekerja sukarela untuk menjaga lingkungan dan keamanan,” katanya.

Menurut Suyudi, pengaktifan kembali Siskamling mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Bogor dan juga Kodim 0606 yang memberikan dukungan dalam bentuk moral dan moril kepada anggota Linmas.

Suyudi mengingatkan perlunya mengaktifkan kembali wajib lapor 1×24 jam bagi pendatang baru yang akan memasuki sebuah wilayah. Laporan ditujukan kepada ketua RT setempat, dan tidak cukup hanya menggunakan KTP tetapi harus ditelusuri asal dan tujuannya.

“Wajib lapor harusnya diaktifkan lagi, walau ada beberapa daerah yang masih memberlakukannya tapi kurang optimal. Kalau ini dibiarkan, akan jadi bumerang buat kita sendiri. Ada orang cari kos-kosan bermodal KTP, ternyata melakukan perbuatan yang mengancam keamanan warga, ini yang perlu diantisipasi,” kata Suyudi.

Mantan Kapolres Bogor Kabupaten ini mengingatkan jajaran Kaposkamling untuk tidak sekedar mengamankan lingkungan saja. Karena kejahatan tidak mengenal waktu dan tempat, niat dan juga kesempatan.

“Kaposkamling harus bisa menjadi agen penolong bagi masyarakat. Poskamling harus terus diaktifkan,” kata Suyudi. (Antara)

sumber gambar  :www.google.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here