Wisata Pustaka Loka Budaya Literasi Pelajar Bogor

515
Perpustakaan (google images)

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bogor, Jawa Barat, menyelenggarakan Wisata Pustaka Loka selama tiga hari yang dapat diikuti pelajar dari tingkat PAUD, TK, SD hingga SMP.

“Wisata Pustaka Loka dimulai dari 18 sampai 20 Juli 2017, selama tiga hari kami mengundang pelajar untuk berwisata ke Pustaka Daerah Kota Bogor,” kata Kepala Bidang Perpustakaan, Nuraeni, Senin.

Ia menjelaskan, Wisata Pustaka Loka bertujuan untuk menumbuhkan minat pelajar, komunitas dan masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan. Pustaka Daerah Kota Bogor terletak di komplek GOR Pajajaran, Jl Pemuda.

Wisata Pustaka Loka mengajak para pelajar berkeliling perpustakaan daerah Kota Bogor. Mengenal berbagai macam koleksi buku yang ada, serta menyaksikan film edukasi, tentang profil Kota Bogor, objek wisata dan film motivasi.

“Film yang kami putar disesuaikan dengan usia dan tingkat pendidikan pelajar,” katanya.

Ia mengatakan, hari kunjungan Wisata Pustaka Loka dibagi berdasarkan jenjang pendidikan, Selasa (18/7) dikhususkan untuk pelajar SMP, hari berikutnya untuk SD dan Kamis (20/7) untuk siswa TK dan PAUD.

“Masing-masing rombongan berjumlah 50 orang yang akan berkeliling perpustakaan,” katanya.

Guna mendorong minat pelajar ke Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip menggandeng Dinas Pendidikan untuk melibatkan sejumlah sekolah melakukan Wisata Pustaka Loka.

“Kunjungan berdurasi satu jam. Satu rombongan berjumlah 50 orang, jadi total akan ada 150 pengunjung dalam tiga hari,” katanya.

Selain dapat membaca buku, peserta Wisata Pustaka Loka dihibur dengan permainan yang ada di perpustakaan, seperti puzzel. Guna mendorong budaya literasi, para peserta akan diberikan latihan menjawab pertanyaan usia kunjungannya.

“Minimal anak yang datang mengikuti Wisata Pustaka Loka dapat mengenal judul buku, pengarah dan penerbitnya,” kata Nuraini.

Berdasarkan catatan tingkat kunjungan Perpustakaan Daerah Kota Bogor masih rendah, terhitung sejak 1972 dioperasikan. Total jumlah anggota perpustakaan masih 400 orang. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here