Ayo Mulai Terapkan ‘Green Computing’ dari Sekarang

693
Green Computing (google images)

Pengertian dari Green Computing atau Komputasi Hijau itu sendiri yaitu suatu ilmu atau penerapan tentang bagaimana kita menggunakan sumber daya komputer atau perangkat elektronik yang kita miliki secara efisien dan ramah lingkungan.

Sasaran utama green computing adalah bumi ini sendiri, manusia, serta laba/keuntungan. Tujuannya jelas untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan yang berbahaya terhadap lingkungan, mengefisiensi penggunaan energi, menyeimbangkan antara teknologi dan lingkungan agar tercipta suatu teknologi yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam atau lingkungan hidup serta menerapkan daur ulang pada bahan-bahan pembuat komputer.

Dalam dunia pendidikan di Indonesia sendiri ternyata masih banyak sekolah yang Lab Komputernya masih menggunakan metode lama yang belum Green Computing. Sehingga berpengaruh ke penggunaan daya yang besar dan biaya listrik yang terus membengkak.

Terlebih dengan adanya metode ujian nasional baru yang sudah harus berbasis komputer yaitu UNBK.

UNBK sendiri menjadi momok yang cukup merepotkan bagi pihak sekolah karena harus menyiapkan infrastuktur berupa Lab Komputer yang siap untuk menunjang proses Ujian Nasional Berbasis Komputer ini.

Bagaimana tidak, dana yang harus dikeluarkan untuk membangun fasilitas ini tidaklah murah. Dan untuk mengatasi permasalahan ini ada timbul satu pertanyaan. Kenapa tidak menerapkan Green Computing saja?

Merancang sebuah Lab komputer yang hemat daya dan hemat ruang dengan menggunakan Next Unit Computer atau biasa disingkat menjadi NUC. Banyak merk yang memproduksi komputer mini hemat daya ini, salah satunya adalah Intel. Siapa yang tak kenal dengan Intel?

Intel NUC jadi server (Google Image)

Selain membuat Prosesor, Intel juga mengeluarkan produk NUC, merupakan PC kecil yang hemat daya. Intel NUC adalah PC Mini dengan kekuatan PC desktop, mengemas fitur untuk hiburan, game, dan produktivitas dalam bentuk ukuran 4×4 inch.

Intel NUC hanya membutuhkan 10watt daya. Sangat cocok untuk digunakan sebagai PC Lab Komputer disekolah-sekolah sebagai penunjang UNBK. Bagaimana tidak, PC Mini yang hemat daya dan ruang ini dapat memberikan banyak manfaat bagi sekolah yang menerapkannya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dengan Intel NUC siswa dan guru serta sekolah lebih optimis dan siap secara infrastuktur dan SDM dalam menghadapi UNBK.
  • Pembiasaan bagi guru dan siswa dalam melakukan ulangan harian berbasis komputer.
  • Menghemat biaya operasional lab komputer dengan teknologi Ultra Low Voltage. Hanya 10 Watt untuk setiap Intel NUC.
  • Yang terakhir juga dapat menjaga kesinambungan pelaksanaan pelajaran TIK seperti yang diamanatkan oleh KBK maupun oleh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Untuk memudahkan para sekolah yang ingin menerapkan Green Computing ini pada Lab Komputer Sekolahnya. Ada paket penjualan yang sangat menarik, dengan harga Rp. 4.600.000 saja, kita sudah bisa mendapatkan 1 Unit Intel NUC Celeron, Keyboard&Mouse, Mouse pad, dan Monitor 19 inch yang sudah sangat siap untuk menunjang berbagai aktifitas sekolah termasuk UNBK.

Nah untuk informasi lebih lanjut bisa mengubungi kontak berikut ini via telepon di nomer 0878-7090-3322(Achen) dan 0812-9080-0822(Dedi).

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here