Revolusi Ponsel dari Masa ke Masa

554
Sumber : google images

Ponsel atau yang kini lebih akrab dengan sebutan smartphone, sudah menjadi bagian penting bagi penggunanya. Tak perlu dipungkiri, saat ini kita akan lebih panik ketika handphone kita tertinggal ketimbang dompet, kan?

Ya, benda yang satu ini memang sudah bukan sekedar pelengkap gaya hidup saja melainkan sudah menjadi kebutuhan yang mungkin hampir ‘wajib’ dimiliki oleh kebanyakan orang. Dengan ponsel, apapun kita bisa lakukan.

Ponsel yang kini kita miliki jelas berbeda sekali dengan ponsel-ponsel terdahulu. Yang dahulu hanya berfungsi sebagai alat komunikasi semata, kini beraneka ragam kegunaannya.

Mau tau perkembangan Ponsel dari masa ke masa? Nih, berikut informasi yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. SCR-194 (1938) (Ponsel generasi pertama)

SCR-194 (1938) (Ponsel generasi pertama)

Ini adalah cikal bakal ponsel, SCR-194 dan SCR-195 adalah radio AM portabel pertama di dunia. Alat komunikasi ini dibuat oleh US ARMY Signal Corps Engineering Laboratories di Fort Monmouth, New Jersey. Alat yang dipandang sebagai walkie talkie pertama itu bobotnya sekitar 11 kg dan berdaya jangkau 8 km.

2. SCR-300 (1940)

SCR-300 (1940)

Alat ini adalah pengganti SCR-194. Dikembangkan oleh Motorola, SCR-300 merupakan radio FM portabel yang digunakan oleh pasukan sekutu pada perang dunia II. Bobotnya antara 14-17 kg, dengan radius jangkauan 4,8 km.

3. SCR-536 (1942)

SCR-536 (1942)

Motorola memproduksi ‘handie talkie’ ini untuk AS, sebagai pengembangan dari dua alat komunikasi sebelumnya. Dengan menggunakan teknologi radio AM, SCR-536 beratnya jauh lebih ringan, yakni hanya 2,27 kg dengan daya jangkau 1,6 km.

4. MTA (1956)

MTA (1956)

Mobile System A (MTA) ini adalah perangkat komunikasi besutan Ericsson dan digunakan oleh Swedia. Bobotnya 40 kg atau setara dengan bobot 300 unit ponsel iPhone.

5. DYNATAC (1973)

DYNATAC (1973)


Motorola membuat prototipe telepon portabel Dynamic Adaptive Total Area Coverage (DYNATAC) sebagai ponsel pribadi praktis pertama. Di gambar, bekas Wakil Presiden Motorola Martin Cooper tengah menelepon pesaingnya dari Bell Labs, Joel S. Engel.

6. DynaTAC (1983)

Sepuluh tahun setelah kemunculan prototipe DynaTAC, Motorola mulai memasarkan ponsel ini ke publik. Dengan bobot seberat 0,9 kg, DYNATAC bekerja di jaringan teknologi AMPS, layanan selular analog generasi pertama di Amerika Utara.

7. MicroTAC (1989)

Motorola memperkenalkan MicroTAC yang merupakan desain ponsel flip pertama di dunia. Desain ini mengurangi ukuran ponsel saat tidak digunakan. Dengan ukurannya yang kecil. MicroTAC juga merupakan ponsel saku pertama di dunia.

8. StarTAC (1996)

Melanjutkan lini TAC-nya, Motorola kemudian meluncurkan ponsel clamshell pertama bernama StarTAC yang bisa dilipat seperti cangkang kerang. Menurut Motorola, ponsel ini terinspirasi oleh perangkat komunikasi yang muncul pada film serial Star Trek.

9. Communicator (1997)

Nokia 9000 Communicator adalah ponsel yang membawa pengguna memasuki era ponsel pintar atau smartphone. Dengan desain clamshell-nya, ponsel ini yang pertama menyediakan layar LCD serta papan kunci QWERTY yang utuh.

10. Benefon (1999)

Geosentric merupakan vendor ponsel pertama yang membuat ponsel yang terintegrasi dengan perangkat GPS. Tak cuma itu, ponsel bernama Benefon ini tahan cipratan air, menggunakan greyscale, serta menyediakan peta untuk melacak posisi dan pergerakan pengguna.

11. VP-201 (1999)

Di Jepang, Kyocera meluncurkan ponsel VP-201 yang merupakan ponsel pertama yang memiliki kamera terintegrasi.

12. BlackBerry 5810 (2002)

RIM meluncurkan perangkat BlackBerry pertama yang terintegrasi dengan ponsel. Ini adalah ponsel yang menyasar pengguna profesional yang membutuhkan layanan email seketika dan penyesuaian skedul. Kelemahannya, perangkat ini tak punya speaker dan mikrofon.

13. iPhone (2007)

Steve Jobs mulai mengenalkan Apple iPhone pada 2007, sebuah ponsel pintar revolusioner yang menggunakan layar sentuh sekaligus mengadopsi teknologi 3G.

14. HTC EVO 4G (2010)

Ponsel ini adalah ponsel pertama yang mengadopsi standar 4G, dan beroperasi di jaringan WiMAX. Dengan sistem operasi Android 2.1, ia merupakan ponsel berlayar sentuh paling besar, kamera 8 MP, perekam video definisi tinggi, keluaran HDMI, fitur Mobile Hotspot, dan antar muka HTC Sense.

Dan sejak tahun 2010 hingga saat ini evolusi bentuk ponsel terus dilakukan oleh para perusahaan smartphone. Mulai dari yang layar datar biasa saja hingga layar lengkung yang dikembangkan oleh Samsung.

Bocoran foto Samsung Galaxy S8 dan Note 7 (google images)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here