Cara agar Tubuh Tetap Sehat Saat Sedang di Kantor

461
Olahraga Ringan saat dikantor (google images)

Untuk menjaga tubuhmu tetap fit kira kira membutuhkan waktu 30 menit aktivitas fisik sedang lima kali sehari atau 20 menit aktivitas berat sebanyak 3 kali sehari. Sayangnya banyak orang yang melupakan olahraga karna terlalu sibuk di kantor sehingga badan menjadi kaku karna kurang gerak dan badan terasa nyeri bila postur tubuh tidak benar karena duduk di meja berjam-jam. Anda harus melakukan olahraga untuk membuat tubuh tidak merasa lelah secara keseluruhan dan terasa kaku beberapa gerak berikut adalah cara berolahraga yang bisa dilakukan saat di kantor.

1. Peregangan Telapak Tangan
Berdiri di depan mejamu. Letakkan kedua tanganmu di atas meja, dengan posisi jari-jari menghadap ke arahmu. Kemudian, turunkan tubuhmu perlahan hingga kamu merasakan peregangan. Tahan selama 15 detik, kemudian kembali berdiri tegak.

2.Peregangan Kaki
Duduk di kursimu dan panjangkan satu kaki lurus di depanmu. Tahan posisi tersebut selama dua detik, kemudian naikkan setinggi mungkin. Tahan lagi dua detik, kemudia turunkan kakimu secara perlahan ke posisi semua. Ulangi 15 kali untuk masing-masing kaki.

3.Peregangan Tulang Belakang
Duduk tegak di kursimu dan angkat kedua tanganmu ke atas. Letakkan tangan kirimu di atas meja, sentuh bagian belakang kursimu dengan tangan kanan, dan putar perlahan ke arah kanan. Tahan selama 10 detik, lalu kembali ke posisi semula, dan angkat kedua tanganmu ke atas lagi. Ulangi ke arah sebaliknya.

4.Mengencangkan otot gluteus
Sembari duduk, mengencangkan otot gluteus atau otot bokong tidak mustahil dilakukan. Caranya dengan menyilangkan sebelah kaki tanpa menimpa kaki di yang berada di bawah, kemudian tahan selama beberapa saat. Cara lain bisa dilakukan dengan menekan pantat sekuat mungkin. Meski demikian, jika rekan kerja di belakang Anda termasuk orang yang jeli, Anda harus lebih waspada.

5.Push Up di Meja
Berdiri beberapa langkah di depan mejamu dengan kaki rapat. Letakkan telapak tanganmu di tepi meja, beri jarak selebar bahu seperti jika kamu hendak melakukan push up biasa. Bawa dadamu turun ke dekat sisi meja seperti melakukan push up. Ulangi 20 kali.

6.Peregangan Tangan
Duduk tegak di kursimu dan angkat kedua tanganmu. Genggam pergelangan tangan kananmu dengan tangan kiri dan tarik untuk meregangkan tubuh bagian kananmu. Tahan posisi ini selama 10 detik, sebelum kembali ke posisi semua. Lakukan hal yang sama dengan tangan lainnya dan ulangi masing-masing 5 kali tiap sisi.

7.Dorong kursi ke belakang kemudian membungkuk hingga menyentuh jari kaki
Dalam latihan ini Anda akan meniru pose yoga. Postur ini baik untuk kaki serta punggung Anda. Duduk lurus tidak hanya meningkatkan postur tubuh, tetapi juga mencegah Anda agar tidak membungkuk di depan komputer. Gerakan kaki Anda secara teratur sambil melipat dan meluruskan kembali juga memastikan ada pasokan darah yang baik untuk kaki Anda.

Itulah cara untuk tetap sehat saat di kantor cukup mudahkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here