Ingin Tetap Fit di Musim Penghujan? Ini dia 8 Tipsnya

300

Sudah hal yang biasa dari akhir tahun hingga di 3 bulan awal tahun, intensitas hujan meninggkat di sejumlah daerah di Indonesia. Terlebih di Kota kesayangan kita ini, Kota Bogor yang memang sudah memiliki julukan sebagai Kota Hujan.

Di musim penghujan ini ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh seperti flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah juga tak kalah menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim penghujan. Dan apabila penyakit tersebut menjangkit anda, tentunya tubuh akan menjadi tidak fit sehingga aktifitas sehari-hari akan menjadi terhambat. Lalu apa yang harus kita lakukan agar tubuh tetap fit?

1. Konsumsi Vitamin

Pada musim peralihan dari kemarau ke musim hujan, biasanya sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan dan rentan terkena penyakit. Oleh sebab itulah mengkonsumsi vitamin sangan diperlukan, terutama vitamin C. Anda dapat memperoleh vitamin C biasanya pada suplemen makanan. Namun jika anda ingin yang alami, vitamin C anda dapat peroleh pada buah-buahan seperti Jeruk, Stawberry, dan lain-lain.

2. Biasakan Hidup Higienis


Ini hal yang sederhana namun sering diabaikan. Salah satu yang paling sederhana adalah biasakan cuci tangan sebelum makan. Karena kuman atau bakteri yang terdapat pada tangan yang berasal dari benda-benda yang kita pegang bisa membawa bibit penyakit. Jadi, biasakan cuci tangan sebelum makan ya.

3. Bersihkan Lingkungan Sekitar

Bukan hanya tangan atau diri sendiri aja lho yang perlu dibersihkan. Di musim penghujan seperti ini biasanya banyak terdapat genangan air di barang-barang yang tidak terpakai di sekitar rumah. Genangan air tersebut bisa saja dijadikan tempat tinggak nyamuk demam berdarah yang siap menyerang anda. Jangan lupa juga untuk menguras tempat penampungan air.

4. Jangan Lupa Minum yang Cukup

Musim hujan biasanya dingin, karena suhu tersebut kita semua suka merasa tidak haus atau jarang sekali minum. Padahal pada musim apapun tubuh tetap memerlukan cairan yang cukup lho.

5. Jaga Asupan Makanan

Selain cairan tubuh juga membutuhkan asupan makanan yang cukup untuk sumber bahan bakar. Tetap jaga asupan makan sehat anda terutama saat musim penghujan. Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya. Jangan lupa, Soto Mie Bogor!

6. Makan Saat Lapar

Suhu yang dingin  saat musim penghujan biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Namun sayangnya metabolism saat musim ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Dan bisa anda bayangkan jika anda terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik, hal tersebut tentunya akan berujung pada kegemukan atau yang kita kenal dengan istilah obesitas. Anda tentu tidak ingin jika hal ini terjadi bukan? untuk itu aturlah cara makan dan porsi makan anda saat musim penghujan, jangan sampai nafsu makan anda yang besar mengantarkan anda pada kegemukan. Selain itu usahakan pula untuk tidak melulu menuruti nafsu mengemil ketika perut belum terlalu merasa lapar. Perut yang secara-terus menerus diisi tanpa ada proses pembakaran yang seimbang tentunya tidak akan membawa dampak baik untuk kesehatan anda.

7. Perhatikan Pola Tidur
Udara dingin saat musim penghujan mengundak rasa kantuk yang melulu. Namun jangan pernah menghiraukan rasa kantuk ini. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang atau terjaga hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastika jika anda memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari.

8. Kenakan Pakaian yang Hangat dan Tebal, untuk Bikers Jangan Lupa Pakai Jas Hujan Ya!
Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda dimusim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak diluar ruangan. Untuk itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga anda dari udara dingin saat musim penghujan.Nah itu dia 8 tips untuk tetap bugar di musim hujan. Semoga bermanfaat ya.

 

Sumber Referensi : http://bidanku.com/8-tips-pintar-menjaga-kesehatan-saat-musim-penghujan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here