Suka Mabuk Perjalanan? Berikut Tips Mencegahnya!

467

Bepergian dengan transportasi darat, laut, maupun udara memang sangat menyenangkan. Apalagi disaat  pergi berwisata ataupun mudik lebaran. Tapi semua suasana menyenangkan itu akan berubah ketika kalian mengalami mabuk perjalan dengan gejala pusing, keringat dingin, mual, bahakan hingga muntah. Berikut ini adalah hal – hal yang bisa membuat kita mabuk perjalanan dan cara mengatasinya :

  1. Bau – bauan

Bau – bauan yang tajam atau menyengat dapat mempengaruhi mabuk perjalanan diantaranya adalah asap rokok, parfume, pengharum kendaraan atau bau – bau lainnya.

  1. Kadar Udara

Jumlah oksigen yang sedikit atau berkurang dan dibarengi oleh meningkatnya kadar karbondioksida didalam kabin kendaraan merupakan salah satu penyebab utama dari pusing yang memancing kemualan.

  1. Kondisi Perjalanan

Kondisi guncangan dalam kendaraan karena suspensi kendaraan atau kondisi jalan yang tidak rata, banyak tikungan, atau jika dengan kendaraan laut karena gelombang besar atau badai yang menyebabkan guncangan pada kapal dan penyebab lain yang membuat guncangan pada kendaraan.

  1. Membaca

Banyak orang yang memilih membaca didalam kendaraannya untuk mengusir kejenuhan ketika di perjalanan, tetapi itu merupakan hal yang salah. Membaca buku dalam mobil yang sedang melaju atau bermain gadget juga salah satu pemicu terjadinya pusing ketika anda sedang dalam perjalanan.

 

Cara Mengatasinya :

  1. Pilih tempat yang relatif stabil atau tidak terlalu banyak terjadi guncangan seperti dibelakang supir ketika di bus, didaerah samping sayap atau dekat jendela pada pesawat dan di bagian kabin tengah terutama bagian bawah.
  2. Jangan menunduk atau membungkuk ketika anda dalam perjalanan menggunakan     transportasi darat karena itu dapat membuat anda merasa mual seperti sudah dijelaskan diatas seperti membaca buku, jadi jika anda ingin membuang rasa jenuh ketika sedang dalam perjalanan sebaiknya lebih memilih mendengarkan lagu saja.
  3. Alihkan pandangan keluar, tetapi jangan fokus kepada benda – benda yang bergerak sehingga tidak membuat jenuh ataupun pusing.
  4. Minumlah obat pencegah mabuk 30 menit sebelum perjalanan dimulai agar ketika anda sudah diperjalanan obat yang anda minum sudah bereaksi.
  5. Hindari mencium bau – bauan yang menyengat.
  6. Bila mual sudah tidak tertahankan sebaiknya dimuntahkan saja, biasanya kondisi tubuh akan merasa lebih baik setelah muntah. Dan setelah muntah dianjurkan untuk meminum air putih atau minuman yang mengandung jahe hal itu ditujukan untuk menetralisir rasa mual.

Itu dia tadi penyebab dan cara mengantisipasi agar tidak mabuk perjalanan ketika kalian bepergian BogorNetizen, jadi gausah takut kalau kalian bepergian jauh yaa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here